Resep Kue Sarang Semut

Resep Kue Sarang Semut - Anda pernah mendengar kue sarang semut? Bagi anda yang belum pernah pasti sedikit asing. Dilihat dari namanya pasti anda berfikir bahwa kue yang satu ini memiliki tekstur yang berongga-rongga layaknya sarang semut. Ya, anda tidaklah salah. Kue sarang semut memang memiliki tekstur berongga layaknya sarang semut. Hal tersebutlah yang menjadi daya tarik kue yang satu ini. Tak heran banyak yang bertanya tentang cara membuat kue sarang semut yang enak.

Sebenarnya resep kue bolu sarang semut tidak jauh berbeda dengan resep kue basah pada umunya. Hanya ada sedikit bahan dan tahap pembuatannya saja. Di sebagian daerah banyak yang menyebut kue sarang semut ini dengan nama kue karamel.

Nah, bagi anda yang masih penasara dengan resep kue sarang semut kukus ini, langsung saja simak baik-baik informasi lengkapnya berikut ini.

resep kue sarang semut

Bahan Resep Kue Sarang Semut
  • 8 butir telur
  • 425 gram gula pasir
  • 180 gram tepung terigu
  • 150 gram margarin
  • 2 sdt soda kue
  • 50 gram tepung maizena
  • 200 ml susu kental manis
  • 450 ml air panas

Cara Membuat Kue Sarang Semut

  1. Pertama-tama panaskan gula pasir di atas wajan dengan api kecil hingga berwarna kecoklatan
  2. Setelah itu tambahkan air panas dan biarkan mendidih dan gula larut
  3. Selanjutnya angkat dan dinginkan
  4. Tahap berikutnya panaskan oven 180°C dan Siapkan loyang tulban ukuran 22 cm yang sudah dioles margarin dan taburi tepung terigu
  5. Kocok margarin dan susu kental sampai putih
  6. Masukkan telur satu per satu, sambil tetap dikocok
  7. Matikan mixer dan asukkan tepung terigu yang telah diayak bersama soda kue dan maizena sedikit demi sedikit sambil diaduk rata
  8. Setelah itu tuangkan karamel sedikit-sedikit sambil diaduk hingga rata
  9. Tuang ke dalam loyang dan panggang dalam oven hingga 40-45 menit atau matang
  10. Terakhir potong-potong setelah dingin
  11. Kue sarang semut siap disajikan
Bagaimana mudah bukan untuk membuatnya? Semoga informasi mengenai resep kue sarang semut tadi dapat bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa bagikan info masakan ini ke teman-teman anda ya. Sampai jumpa.