Resep Cara Membuat Ayam Tangkap Khas Aceh

Resep Cara Membuat Ayam Tangkap Khas Aceh - Di Indonesia terkenal memiliki banyak sekali olahan makanan yang terbuat dari bahan utama ayam. Mungkin bagi anda beberapa olahan ayam seperti ayam goreng, ayam bakar, dan kari ayam sudah bukan menjadi sesuatu yang langka.

Anda bisa menjumpai banyak sekali olahan ayam di setiap sudut daerah yang ada di Indonesia. Namun pernahkan anda mendengar menu makanan yang bernama ayam tangkap? Ya, ayam tangkap ini juga merupakan salah satu olahan ayam yang ada di Indonesia, tepatnya di Aceh.

Cara membuat ayam tangkap Aceh sendiri tidaklah susah. Jika anda tertarik untuk membuatnya, saya yakin anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang simpel dan mudah di dapat. Oke, daripada anda penasaran, simak baik-baik resep ayam tangkap enak berikut ini.

resep ayam tangkap aceh

Resep Cara Membuat Ayam Tangkap Khas Aceh


Bahan Resep Ayam Tangkap

1 Ayam Potong atau Ayam Kampung 1 ekor ukuran 800 gram - 1 kilogram, 100 gram bawang merah, 3 siung bawang putih ukuran besar, 2 cm kunyit bakar, 2 pcs asam sunti, 3-4 cm jahe, 10 pcs merica, 3 pcs batang serai, 50 gram gula merah, 6 lembar daun jeruk purut, 1/4 liter air mineral, minyak goreng secukupnya, setengah sendok teh garam dapur.

Bahan Rempah Ayam Tangkap

2 siung bawang putih, 10 lembar daun pandan, 2 pcs batang serai, 10 lembar daun salam, cabai hijau secukupnya, 100 gram bawang merah, 2 pcs daun bawang, 5 lembar daun kunyit.

Cara Membuat Ayam Tangkap

  1. Pertama-tama haluskan 100 gram bawang merah, 3 pcs bawang putih, jahe, kunyit bakar, 10 butir merica, asam sunti dan setengah sendok kecil garam dapur
  2. Setelah itu ambil Panci ukuran sedang dan masukkan 50 gram gula merah, batang serai yang sudah dimemarkan, 6 pcs daun jeruk dan bumbu halus di atas
  3. Masukkan seperempat liter air bersih dan potongan ayam
  4. Rebus dengan api kecil hinga daging ayamnya empuk
  5. Aduk supaya bumbu meresap dan tercampur sempurna.
  6. Setelah daging ayam empuk, angkat dan tiriskan terlebih dahulu
  7. Panaskan wajan yang telah diberi minyak goreng
  8. Goreng Ayam Tangkap sampai matang dan empuk
  9. Tiriskan terlebih dahulu sebelum dicampur dengan bumbu rempah
  10. Masukkan ayam goreng dan bumbu rempahnya
  11. Campur sampai rata
  12. Ayam tangkap siap disajikan

Bagaimana, mudah bukan? Selamat mencoba resep ayam tangkap Aceh ini di rumah. Jangan lupa baca info resep masakan yang lainnya ya.